Sabtu, 23 Juli 2011

Membuat Motion Tween

Dalam Flash, Anda membuat gerak dengan mengubah posisi objek dalam bingkai yang berurutan. Anda dapat menggunakan motion tween untuk membuat gerakan. Dengan motion tween, Anda memberitahu Flash posisi awal dan posisi akhir dari sebuah objek. Lampu kilat interpolates semua posisi di antara. Dalam latihan ini, Anda akan menggunakan tween untuk memindahkan mobil di Panggung.
Anda siap untuk menambahkan mobil ke Panggung. Buat layer baru. Nama Mobil lapisan.
Buat Layer Bernama Mobil
  1. Membuat Pohon lapisan lapisan aktif dengan mengklik nama layer Pohon.
  2. Pilih Insert> Timeline> Layer dari menu untuk membuat layer baru di atas lapisan Pohon.
  3. Pilih Modify> Timeline Properti> Layer dari menu untuk membuka kotak dialog Layer Properties.
  4. Jenis Mobil di bidang Nama.
  5. Klik OK. Nama flashdisk Mobil layer baru.
Tambahkan Mobil dan Driver untuk Stage
  1. Klik di frame pertama dari lapisan Mobil.
  2. Aktifkan panel Library.
  3. Klik ikon di sebelah Mobil dan Driver dan tarik salinan Mobil dan Driver ke Panggung.
  4. Pilih Free Transform tool Free Transform Tool .
  5. Pilih pengubah Skala Skala Modifier .
  6. Klik dan tarik sudut menangani sampai mobil adalah ukuran yang sesuai. Pojok menangani mengubah ukuran objek yang dipilih secara proporsional.
Buat sebuah Tween
  1. Pilih Selection tool.
  2. Klik dan tarik mobil ke sisi kanan Tahap seperti yang ditampilkan di sini.
Motion Tween
  1. Pilih Insert> Motion Tween dari menu.
  2. Klik di Frame 60 dari lapisan Mobil untuk memilihnya.
  3. Tahan tombol Shift dan tarik mobil ke sisi lain dari Stage. Flash menciptakan motion tween. Menekan tombol Shift memastikan bahwa mobil bergerak dalam garis lurus.
Motion Tween
  1. Pilih Kontrol> Putar dari menu atau tekan Enter untuk memutar film. Mobil itu bergerak di Panggung.

Tambah Suara

Untuk memiliki membunyikan klakson sebagai gulungan mobil melalui kota, Anda perlu menambahkan suara klakson. Anda harus telah men-download sebuah file Zip yang berisi suara klakson sebelumnya dalam tutorial ini. Jika Anda tidak, klik di sini untuk men-download sekarang. Buka file Zip dan tempat isi folder.
Impor Suara
  1. Pilih File> Impor> Impor ke Perpustakaan dari menu.
  2. Cari dan pilih shorthrn.wav kemudian klik Buka. Para shorthrm.wav file muncul di Perpustakaan.
Membuat dan Nama Layer Baru
  1. Klik nama Mobil lapisan untuk membuat lapisan Mobil lapisan aktif.
  2. Pilih Insert> Timeline> Layer dari menu untuk membuat layer baru. Lapisan baru akan muncul diatas layer Mobil.
  3. Pilih Modify> Timeline> layer Properti dari menu dan Tanduk ketik di kolom Name.
  4. Klik OK. Lampu kilat nama Tanduk lapisan.
Tambah Suara
  1. Klik di Frame 30 pada lapisan Horn.
  2. Pilih Insert> Timeline> Keyframe dari menu untuk membuat frame 30 keyframe. Anda menggunakan keyframe ketika sebuah simbol baru atau contoh muncul pada Timeline.
  3. Aktifkan Perpustakaan.
  4. Tarik shorthrn.wav dari Perpustakaan ke Tahap Anda tidak akan dapat melihatnya pada Stage..
  5. Klik di Frame 30.
  6. Aktifkan Property inspector.
  7. Pilih Acara dari menu drop-down di bidang Sync. Hal ini menyebabkan suara anda untuk mulai bermain di Frame 30 dan terus bermain sampai selesai.
  8. Pilih Kontrol> Putar dari menu untuk memutar film. Anda mendengar klakson.
                                    Untuk Tutorial Flash Cs4
                                                                
                                    SIMBOL BUTTON
Simbol buton digunakan sebagai tombol navigasi dalam animasi interaktif. Flash CS4 menyediakan simbol tombol yang dapat anda gunakan. Akan tetapi, Anda juga bisa membuat tombol secara manual sesuai kreasi dan kreatifitas anda. Pembuatan tombol sangat fleksibel karena semua objek dalam Falash CS4 dapat kita gunakan sebagai tombol. Anda dapat membuat simbol button dari graphic, bitmap maupun movie. berikut kita akan membuat button yang sederhana dengan tampilan berbeda saat tersentuh pointer mouse ataupun saat buton tersebut diklik.
Perhatikan langkah-langkah berikut.

1.   Gunakan piranti yang terdapat pada tools untuk membuat 
      membuat objek segitiga dan kotak. Kemudian gabungkan
      keduanya
      
2.   Seleksi seluruh bagian objek kemudian tekan F8 atau klik menu 
          menu Modify > Convert to Symbol sehingga akan ditampilkan 
       ditampilkan dialog convert to symbol


3.    Pada kotak Name, ketikkan name dari button yang akan anda
       buat .kemudian pada opsi Type, anda pilih Button. Akhiri 
       dengan mengklik OK

4.    Klik dua kali pada objek button yang baru anda buat dan
       perhatikan hasilnya

Pada stage yang terseleksi bukan lagi simbol button, melainkan suatu objek. kemudian pada Timeline terdapat empat frame, yaitu     Up, Ever, Down, Hit. Berikut keterangan dari masing-masing bagian frame tersebut.

*   Up :     merupakan tampilan awal pada saat  tidak tersentuh atau 
                 diklik 
*   Over:   merupakan tampilan saat pointer mouse beada di atas
                 tombol
*   Down: merupakan tampilan saat tombol di klik
               
*   Hit     : merupakan area klik pada tombol  


5.    Pada frame Up, perbesar ukuran garis dan ubah warnanya
       menjadi hitam kemudian tambahkan Next.


6.    klik kanan pada frame Over kemudian pilih Insert Keyframe
       sehingga dalam frame Over berisi objek yang sama dengan 
       objek yang berada pada frame Up

7.    Ubahlah warna garis menjadi kuning dan warna tulisan menjadi
       merah. Artinya , jika pointer mouse berada di atas, tombol akan
       berubah warna


8.    Klik kanan pada frame Down kemudian pilih Insert Keyframe

9.    Selanjutnya pada frame Down, ubah ukuran objek menjadi lebih
       kecil sehingga ketika tombol diklik, tombol akan mengecil.
       Ubah juga warna garis menjadi hitam.
      
10.  Pada frame Hit,  klik kanan kemudian pilih
       Insert Blank Keyframe


11.  Klik frame Up dilanjutkan dengan menekan tombol Ctrl + C.
       Kemudian klik frame Hit dilanjutkan dengan menekan tombol
       Ctrl + Shift + V sehingga area klik akan sesuai dengan bentuk
       dan ukuran tombol pada frame Up perhatikan hasil Timeline
       untuk tombol
12.  Klik Scane 1 untuk kembali ke lembar kerja utama Adobe
       Flash CS4